Mencoba Kehebatan iOS 10

Posted by GadgetTech on Friday, July 29, 2016 with 2 comments
Pembaruan iOS 10 resmi diperkenalkan di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2016. Apple berencana merilis pada September mendatang, namun versi betanya telah bisa dicicipi.

detikINET pun coba menginstal iOS 10 Beta 1 di perangkat iPhone untuk menjajal sejumlah fitur baru yang dimiliki sisem operasi mobile ini. Berikut kesan awal menggunakannya

Pembaruan yang dibawa iOS 10 langsung dapat dinikmati pada lock screen. Kini Apple membagi lock screen menjadi tiga bagian. 



Layar utama, menampilkan notifikasi. Ketika swipe ke kiri, maka akan muncul aplikasi kamera. Sementara swipe ke kanan bakal tampil widget.

Di layar utama, tampilan notifikasi dipoles. Kita masih bisa membalas pesan dari sini.

Perubahan lainnya adalah bagaimana kita membuka lock screen. Bukan lagi swipe to unlock. Kini untuk membuka, kita harus menekan tombol home. 

Bila perangkat dipasang password, akan muncul layar untuk memasukan passcode. Jika perangkat memiliki Touch ID, akan langsung masuk ke home screen.

Begitu masuk home screen tidak perubahan yang mencolok. Hanya ikon News yang berubah serta adanya aplikasi Home. Bila men-swipe bagian bawah layar ke atas, akan muncul Control Center yang memiliki tampilan baru.



Terasa lebih simpel dan menarik. Nah bila men-swipe ke kanan, akan muncul Control Center yang dikhususkan untuk mengatur musik.

Perubahan juga terlihat ketika membuka folder aplikasi. Kini latar belakangnya halaman home yang diblurkan. 



Tampilan Contact pun dipoles, kini tersedia sejumlah tombol di bawah nama untuk langsung menelpon, video call, berkirim SMS atau email. 

Aplikasi yang turut dirombak adalah Reminder, News dan Clocks. Di aplikasi Clocks, Apple menambahkan fitur baru, yakni Bedtime untuk membuat alarm bangun tidur.



Salah satu yang tidak bisa dilewatkan adalah aplikasi Apple Music. Dibanding sebelumnya, tampilan Apple Music jauh lebih menarik. Kita lebih mudah mengakses koleksi.

Photos
Aplikasi Photos menjadi salah satu yang dipermak tampilannya. detikINET pun menjajal pembaruan tersebut.

Ada tiga menu utama, yakni Photos, Memories dan Albums. Tampilan Photos tidak ada perbedaan. Sementara Albums kini dibuat thumbnail, sehingga mudah diakses. Ketika membuka satu foto, lalu men-swipe ke atas, akan ada thumbnail foto yang terkait.



Paling memikat adalah Memories yang mengelompokan foto berdasarkan tempat dan waktu. Menjadikannya album digital yang menarik.

iMessages



Aplikasi pesan besutan Apple kini lebih menarik. Tidak saja karena tempilan emoji tiga kali lebih besar, kini kita bisa mengirimkan digital touch layaknya Apple Watch dan sticker. Perusahaan besutan Steve Jobs itu bahkan menyiapkan App Store khusus untuk kita mengunduh stiker.

Siri



Saat di WWDC, Apple mangatakan mereka melakukan peningkatan kemampuan asisten digitalnya. Kini kita dapat meminta Siri mengirim pesan dan bahkan memesan tumpangan.

detikINET coba menjajal mengirim pesan WhatsApp dan memesan Uber lewat Siri. Sayangnya, kedua permintaan tersebut belum bisa dilakukannya. Alasannya kedua aplikasi belum tersedia.


Maps


Apple juga melakukan desain ulang aplikasi Maps. Tombol dibuat lebih besar menjadi mudah digunakan. Di bagian bawahnya terdapat bar untuk mengisi tujuan kita. 

Ketika ditarik ke atas, akan ada tempat-tempat yang pernah kita cari. Tapi lebih menariknya, ketika menggunakan petunjuk arah ada pilihan Ride untuk kita memesan tumpangan seperti Uber. Sayangnya ketika kami jajal, belum bisa digunakan karena aplikasi belum terintegrasi.

Sejuah ini pembaruan iOS 10 cukup menarik, meski saat menggunakan ada sejumlah masalah. Tapi kami memaklumi, pasalanya ini masih versi beta pertama yang ditujukan untuk developer.

Jika Anda tertarik dapat mengupdate ke iOS 10, walau bukan terdaftar sebagai developer. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:



1. Terlebih dulu backup perangkat.

2. Buka Safari di perangkat iOS, lalu buka link 
ini.

3. Kemudian tekan tombol Install, perangkat seketika akan restart.

4. Setelah restart, buka General > Software Update.

5. Kita akan menemukan update OTA iOS 10 Developer Beta.

6. Lalu tekan Download and Install.


Sumber: detik
Categories: ,